Digitalisasi Pengelolaan Sampah Untuk Pengelolaan Sampah Lebih Baik Universitas Umum

`

 Pengelolaan sampah saat ini masih menjadi permasalahan yang cukup pelik, hal ini diakibatkan oleh banyak hal termasuk kesadaran masyarakat mengenai sampah masih kurang. Hal tersebut yang menjadi alasan bagi mahasiswa program studi Teknik Lingkungan Universitas Udayana untuk membuat suatu inovasi mengenai digitalisasi pengelolaan sampah. Inovasi yang dilakukan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Digitalisasi Bank Sampah (Website) dan Budidaya Magot BSF, dan Kawasan Edukasi Bank Sampah. Hal tersebut dilakukan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat kinerja admin dalam pengelolaan bank sampah yang ada di Desa Pedawa (Bank Sampah Balawa). Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Penguatan Kapasitas (PPK) Udayana Jurusan Teknik Lingkungan. 




Kegiatan tersebut dilaunching di Kantor Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Minggu (18/12). Pada kegiatan launching tersebut dihadiri oleh Ketut Suwarmawan (Kepala Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng), Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D. (Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana), Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah, Ir. I Nyoman Budiastra, M.Erg. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi), Kadek Diana Harmayani, ST, MT, Ph.D. (Koordinator Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Udayana), dan Perwakilan Dosen Prodi Teknik Lingkungan. Hadir juga pada kesempatan tersebut Camat Banjar, perbekel pedawa, klian desa adat pedawa dan komunitas balawa.




Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana sangat mengapresiasi hasil inovasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Inovasi ini merupakan bentuk nyata yang dapat dilakukan dan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama di Desa Pedawa untuk melakukan pengelolaan sampah yang suistainble.