Melebarkan sayap melalui kolaborasi dengan Program Studi Teknik Lingkungan UPN Veteran Jawa Timur dan Universitas Airlangga Universitas Umum

`

Pada tanggal 31 Oktober hingga 1 November 2023, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Udayana menjalin kerjasama yang sangat penting dengan dua Fakultas Teknik, yaitu Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Kunjungan ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kerjasama riset yang saling menguntungkan.





Kerjasama dengan Fakultas Teknik UPN Veteran Jawa Timur

Selama kunjungan ke Fakultas Teknik UPN Veteran Jawa Timur, pihak Prodi Teknik Lingkungan Universitas Udayana memperoleh hasil yang positif dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama. Perjanjian ini mencakup berbagai aspek, seperti penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kolaborasi dalam penulisan karya ilmiah, serta pertukaran reviewer untuk jurnal masing-masing. Hal ini menandai awal yang baik untuk kolaborasi yang kuat antara kedua institusi dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada kunjungan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UPN Veteran Jawa Timur, Dekan , Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III Fakultas Teknik dan Sains UPN Veteran Jawa Timur, dan Koordinator Prodi Teknik Lingkungan, dan jajarannya.





Prof. Euis Nurul Hidayah, ST.,MT.,Ph.D (Wakil Rektor I UPN Veteran Jatim) menyatakan, "Kerjasama ini akan membantu kami menggali potensi riset yang lebih luas dan meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Teknik Lingkungan. Kami berharap dapat mencapai banyak pencapaian bersama."




Diskusi dan Kunjungan ke Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

Kunjungan ke Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga juga berjalan dengan lancar. Saat ini, kedua pihak tengah melakukan diskusi lebih lanjut untuk membahas rencana kegiatan yang akan dikerjakan bersama dan merumuskan dokumen kerjasama yang lebih rinci. Prodi Teknik Lingkungan Universitas Udayana juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi beberapa fasilitas pendukung, terutama laboratorium dan pengelolaan sampah yang dikelola oleh Prodi Teknik Lingkungan Unair. Kunjungan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Sekertaris Departemen Biologi, Koordinator Prodi Teknik Lingkungan, dan jajarannya. 

Dalam kunjungan ini, Dr. Eko Prasetyo K, ST, DEA. (Koprodi Teknik Lingkungan Unair) menjelaskan, "Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Udayana. Bersama, kita dapat menciptakan inovasi dan kontribusi yang lebih besar dalam pemahaman dan penanganan isu lingkungan."





Melalui kolaborasi ini, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Udayana berharap dapat mempercepat perkembangan  melalui kolaborasi yang kuat dengan Program Studi Teknik Lingkungan di Universitas lain di seluruh Indonesia. Kerjasama ini akan membantu menciptakan solusi yang lebih baik dalam menjawab tantangan lingkungan yang semakin kompleks di masa depan.